kurbantanyajawab

Apakah perlu berwudhu sebelum memotong Kurban?

Pertanyaan:

Bagaimana seseorang yang setelah melaksanakan shalat Id Adha ingin menyembelih hewan kurban lalu berwudhu sebelum memotong daging kurban? apakah wudhu itu wajib atau hukumnya justru makruh?

Jawaban:

Tidak pernah ternukil dari Nabi SAW bahwa beliau berwudhu setelah shalat Idul Adha karena hendak menyembelih hewan kurbannya.

Hal yang sama juga tidak pernah didapati di kalangan para Salafussalih atau selama tiga abad dinyatakan oleh Rasulullah SAW sebagai masa yang paling baik, maka barangsiapa yang berwudhu untuk melakukan penyembelihan binatang kurban adalah jahil dan telah melakukan bid’ah.

Rasulullah SAW

“Barangsiapa yang mengada-adakan hal baru di dalam perkara kami yang tidak ada dalil di dalamnya, maka tertolak” (Bukhari dan Muslim)

Akan tetapi, jika ia melakukan wudhu untuk memotong binatang kurbannya bagus untuk dirinya selama ia adalah seorang muslim yang tidak ditemukan padanya hal hal yang menjadikannya seorang kafir. Memakan daging sembelihannya boleh, baik bagi dirinya maupun orang lain.

Hanya di sisi Allah lah taufik. Semoga Allah mencurahkan shalawat dan salam kepada nabi kita Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button