artikelislamshalattanyajawab

Kapan shalat Sesorang Dikatakan Khusuk?

Khusuk dalam shalat adalah hal tertentu yang diketahui oleh Allah swt, dan hanyalah Allah lah yang mengetahui dan menentukan apakah shalat seseorang itu sah atau tidak.

Namun dari rasa ingin tahu manusia dan keinginan untuk selalu mencari ilmu pengetahuan, Al Quran memberikan jawaban atas segala rasa penasaran yang selalu dipertanyakan oleh manusia.

Related Articles

Kapan shalat Sesorang Dikatakan Khusuk

Tenang

Shalat dikatakan khusuk ketika dilaksanakan dengan tenang karena bertujuan untuk mengingat Allah swt

Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, Maka sembahlah aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat aku (QS. Thahah: 14).

Bagaimanapun kesibukan sehari hari Anda menyita waktu Anda, namun sisakanlah waktu beberapa menit untuk tenang dalam mengingat Allah swt.

Kepasrahan

Berserah diri kepada Allah swt, pasrah dengan karunia yang telah diberikan ditunjukan dalam melaksanakan shalat menunjukan khusuk tidaknya seseorang dalam melakukan shalat.

Menangis sambil sujud

Susah juga untuk mencapai shalat yang dikatakan khusuk jika sampai menangis, namun beberapa manusia selalu bergetar hatinya saat melaksanakan shalat sampai ia menangis dalam shalatnya.

Mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.(QS. Al-Isra: 109)

Semua indikasi tersebut, mulai dari sikap tenang dalam shalat, kepasrahan dan hati yang bergetar saat shalat hingga meneteskan air mata, dapat diketahui oleh diri kita sendiri.

Tujuaannya tidak lain hanyalah untuk meningkatkan kualitas shalat seorang manusia sehingga menjadi pribadi yang terhindar dari dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button