puasa

Mencegah Maag Saat Puasa Ramadhan

maag kambu

Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Namun, adakalanya seorang muslim terkendala untuk melakukan ibadah puasa lantaran terkena penyakit maag.

Mencegah  Maag Saat Puasa Ramadhan

Penyakit yang menyerang lambung ini selain disebabkan oleh bakteri juga dapat disebabkan dari pola hidup yang kurang sehat. dan stress. Menjadi sebuah kendala ketika seorang muslim yang berkewajiban untuk berpuasa terhalang lantaran terkena magh.

Ada beberapa cara untuk mencegah maag kambu saat sedang berpuasa.

1. Berbukalah sewajarnya

Berbuka puasalah sewajarnya jangan menjadikan buka puasa sebagai ajang untuk “balas dendam”. Ibaratnya sebuah wadah yang disi air secara perlahan agar air tidak mudah tumpah begitu pula dengan berbuka. Berbukalah dengan yang ringan dulu sampai lambung mulai beradaptasi.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan beberapa biji ruthab (kurma masak yang belum jadi tamr) sebelum shalat Maghrib; jika tidak ada beberapa biji ruthab, maka cukup beberap biji tamr (kurma kering); jika itu tidak ada juga, maka beliau minum beberapa teguk air.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi. Hadits Hasan Shahih)

 2. Menghindari makanan yang tidak ramah pada lambung

Hindari makanan yang pedas dan carilah makanan yang memiliki serat tinggi dan mudah dicernah untuk lambung. Saat terkena maag kondisi lambung terkikis diakibatkan tidak adanya pasokan makanan makanya saat berbuka utamakan memakan makanan yang tidak pedas dan memilki terkstur keras.

3. Minum suplemen untuk lambung

Bagi penderita maag tingkat akut sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen untuk mencegah asam lambung berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button