puasa

Negara Dengan Waktu Berpuasa Di atas 20 Jam

Mengapa terdapat perbedaan waktu dalam berpuasa?

Di Indonesia umat muslim yang melaksanakan puasa, berpuasa selama 13 jam di siang hari, sedangkan di negara lain ada yang berpuasa selama lebih dari 20 jam.

Jika saudara bertanya apa yang menyebabkan perbedaan waktu di setiap negara berbeda? mengapa di Indonesia lama matahari terbenam lebih cepat jika dibandingkan dengan negara lain?

Related Articles

Berikut penjelasannya.

Lama waktu puasa erat kaitannya dengan lama maktu siang hari dibandingkan dengan malam hari. Hal ini disebabkan oleh karena adanya rotasi dan revolusi bumi.

Rotasi bumi ialah perputaran bumi pada sumbunya atau porosnya, sementara revolusi bumi merupakan pergerakan bumi pada sumbunya yang mengelilingi matahari.

Bumi pada porosnya tidak tegak lurus melainkan terdapat kemiringan sebesar 23,5 derajat, sehingga hal ini pula lah yang menyebabkan suatu daerah mengalami siang yang lebih lama jika dibandingkan dengan negara lain.

Nah, jika sudah paham mengapa bisa terjadi perbedaan waktu lama berpuasa, berikut beberapa negara yang memiliki waktu berpuasa di atas 20 jam

1. Finlandia

Finlandia merupakan negara dengan waktu malam sangat cepat yaitu hanya berkisar 38 s.d 55 menit. Dengan kata lain waktu siang hari selama 23 jam. Berpuasa dilakukan pada siang hari dan berbuka saat matahari sudah terbenam.

Dapatkah Anda membayangkan berpuasa selama 23 jam kemudian berbuka dengan waktu satu jam? Hal ini membuat Anda berbuka sekaligus sahur pula.

Waktu berpuasa dimulai pada pukul 1 pagi kemudian berbuka di jam 12 pagi, kebayang bagaimana umat muslim di finlandia melakukan puasa dengan waktu puasa yang sangat lama.

2. Islandia

Islandia merupakan negara yang dibatasi oleh lautan luas dengan negara lain. Islandia merupakan negara dengan suhu yang dingin walaupun merupakan salah satu negara dengan waktu siang hari yang panjang.
Jika di finlandia berpuasa dilakukan selama 23 jam di Islandia umat muslim berpuasa selama 22 jam.

3. Swedia

Negara tetangga dari Finlandia dan Islandia yaitu Swedia, tidak jauh berbeda dengan tetangganya. Di Swedia umat muslim berpuasa selama 20 jam.

4. Alaska

Berbeda dengan negara Finlandia, Islandia, dan Swedia negara Alaska yang berbatasan langsung dengan Kanada ini memiliki keunikan selain sebagai negara dengan waktu berpuasa yang sangat lama Alaska juga merupakan negara yang memiliki waktu puasa paling cepat.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan musim di Alaskan yaitu musim panas dan musim dingin. Pada musim panas puasa di Alaska dapat berlangsung selama 20 jam. Sedangkan pada saat musim dingin puasa di Alaska hanya dilakukan selama 5 jam saja.

Negara Negara lain yang di atas 15 jam berpuasa ialah Jerman, Inggris, Kanada dan Turki

Beruntunglah Umat muslim di Indonesia yang negaranya berada pada daerah khatulistiwa sehingga waktu siang dan malamnya dapat dikatakan seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button