islamtanyajawab

Perlukah Menghias Masjid Di hari hari Raya Islam?

Perlukah Menghias Masjid Di hari hari Raya Islam?Menghias masjid di hari hari raya tidak memiliki dasar dalil, apalagi pada umumnya shalat Id tidak dilaksanakan di dalam masjid. Selain itu, menghias masjid tidak ada kaitannya dengan shalat Id karena pada umumnya shalat Id dilaksanakan di lapangan terbuka.

Perlukah Menghias Masjid Di hari hari Raya Islam?

Terkadang berlaku kebiasaan di kalangan sebagian orang jahil berupa kegiatan menghias masjid di malam malam tertentu dengan keyakinan bahwa kegiatan itu mengandung kemuliaan sebagaimana kegiatan pada malam pertengahan bulan Sya’ban, malam maulid Nabi, Malam Isra Mi’raj dan malam malam lainnya.

Semua kegiatan itu tidak memiliki dasar syar’I, semuanya adalah bid’ah yang tidak ada dalilnya yang menunjukan malam malam itu dengan ibadah.

Pekerjaan yang wajib dilakukan adalah dengan memakmurkan masjid sepanjang tahun dan waspada akan kebersihannya karena masjid masjid adalah tempat beribadah kepada Allah swt dengan tidak perlu mengkhususkan malam dalam satu tahun dengan menghiasnya dan lain sebainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button