kisahkisah islami

Pertolongan Allah Lewat Kalajengking

Allah swt, maha pengasih lagi maha penyayang bagi hambanya. Walaupun seseorang telah melakukan perbuatan maksiat, pertolongan Allah selalu menyertainya. Hal ini sesuai dengan kisah yang akan kami paparkan  sehubungan dengan Pertolongan Allah, sebagai berikut:

Dalam tafsir Manhaj al-Shadiqin dinukil sebuah kisah dari Dzu al-Nun al-Mishri

Suatu hari, saya keluar rumah menuju pinggiran sungai nil. Tiba-tiba saya segera melihat kalajengking bergerak cepat. Saya berkata dalam hati, “Kalajengking yang bergerak capat ini pasti memiliki tugas!”

Related Articles

Saya pun mengikuti kalajengking itu hingga ke tepian sungai nil. Di situ terdapat seekor katak. Ajaib! Kalajengking itu naik ke punggung katak dan menyeberangi sungai. Saya berkata kembali, “Pasti ada rahasia di balik ini!”

Saya lalu menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu. Saya lihat katak itu sampai ke sebrang sungai dan kalajengking itu pun turun dari punggungnya. Sang kalajengking bergerak cepat menuju pohon. Di bawah pohon itu seorang pemuda yang mabuk tengah terkapar. Seekor ular besar berada tepat di atas pemuda itu dan hendak mematuknya. Kalajengking itu segera mendekati sang ular dan menyengatnya dengan sengat beracun. Ular itu pun mati seketika. Dan kalajengking itu lalu pergi.

Saya membangunkan lelaki mabuk itu dengan kaki saya seraya berkata, “Bangun, hai pemuda celaka! Lihat (maksiat) apa yang telah kau perbuat dan saksikan apa yang telah lakukan untukmu!” saya lalu menceritakan apa yang terjadi dan memperlihatkan bangkai ular di sebelahnya.

Pemuda itu langsung menyesali perbuatannya dan bertaubat kepada Allah di hadapan Dzu al-Nun al-Mishri.

Maha suci Allah dengan segala kuasanya yang selalu memberikan perlindungan dan pertolongan bagi hambanya yang berpikir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button