shalattanyajawab

Shalat sendiri apakah perlu adzan?

shalat sendiri

Sebagian orang berkeyakinan bahwa seseorang tidak perlu mengumandangkan adzan selama dia shalat sendirian, kecuali apabila dia bersama jama’ah. Dan ini adalah keyakinan yang salah.

Dari Abu Sa’id al-khudri, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya aku melihatmu menyukai kambing dan berada di padang pasir (daerah pedalaman), Maka apabila engkau sedang berada bersama kambingmu dan dipadang pasir kemudian engkau mengumandangkan adzan, karena sesungguhnya tidaklah mendengar suara adzan, baik jin, manusia atau sesuatu apa pun, melainkan ia akan menjadi saksi baginya pada hari Kiamat kelak”

Dan Rasulullah SAW bersabda,

“Rabbmu merasa takjub dari seorang pengembala kambing pada puncak batu karang di gunung, dia mengumandangkan adzan dan mendirikan shalat, maka Allah SWT berfirman. ‘Lihatlah hamba-Ku ini, dia mengumandangkan adzan dan mendirikan shalat karena takut kepada-Ku, sungguh Aku telah mengampuni hamba-Ku dan Aku masukkan dia ke dalam surga'”

Imam asy-Syaukani berkata,

“Hadits tersebut menjadi dalil yang menunjukkan disyariatkannya adzan bagi orang yang shalat sendirian, dan menjadi bantahan bagi orang yang mengatakan bahwa syariat adzan adalah khusus dalam shalat berjama’ah. Di dalam hadits tersebut juga terdapat penjelasan bahwa adzan adalah salah satu sebab diampuninya dosa dosa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button